Korban Yaman 3Sanaa, LiputanIslam.com –  Serangan udara Arab Saudi di Yaman kembali merenggut banyak korban jiwa di kalangan sipil. Kantor berita Yaman, SABA, Senin (22/2) melaporkan sebanyak 30 warga sipil Yaman yang sebagian besar di antaranya anak kecil dan kaum perempuan terbunuh akibat serangan udara Saudi yang menerjang rumah-rumah warga di kawasan Ghafirah, Sa’dah.

Sumber dinas kesehatan setempat mengatakan kepada SABA bahwa di antara puluhan korban itu terdapat lebih dari 10 anak kecil dan beberapa perempuan. Dia juga mengatakan bahwa jumlah korban meninggal bisa jadi akan bertambah karena beberapa warga juga mengalami luka parah akibat serangan tersebut.
Sembari mengutuk kekejaman pasukan Saudi terhadap rakyat Yaman tersebut, sumber itu menyerukan kepada lembaga-lembaga kemanusiaan internasional agar membuktikan kiprahnya dalam penegakan nilai kemanusiaan menyangkut aksi pembantaian rakyat Yaman oleh pasukan Saudi dan sekutunya.

Seperti diketahui, Saudi dan sekutunya sudah hampir satu tahun menyerang Yaman dengan dalih memulihkan pemerintahan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansuor Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat yang dimotori oleh gerakan Ansarullah.

Saudi berjanji menumpas Ansarullah yang didukung oleh militer Yaman, tapi sampai sekarang serangan itu hanya menghasilkan tewasnya sekitar 8,300 orang yang sekira 2,250 di antaranya adalah anak kecil serta terlukanya lebih dari 16,000 orang, sementara pasukan militer Yaman dan milisi Ansarullah tetap tangguh bertahan dan menyerang.

Serangan Saudi  dan sekutunya juga telah menimbulkan kerugian materi pada Yaman dalam jumlah yang sangat besar berupa kehancuran fasilitas infrastruktur, rumah sakit, sekolah, pabrik, rumah ibadah dan situs-situs sejarah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL