Sanaa, LiputanIslam.com –  Serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi ke berbagai kawasan di provinsi Sanna, Yaman, dalam dua tahun ini tercatat telah menghancurkan 935 rumah serta bangunan pemerintahan dan perdagangan, dan merusak ratusan hektar lahan pertanian.

Gubernur Sanaa, Hanin Mohammad Qatinah, merinci bahwa serangan jet-jet tempur Saudi Cs telah menghancurkan 765 rumah dan 170 bangunan milik negara dan aktivitas perdagangan.

“170 bangunan umum, 13 bangunan sekolah, 8 bangunan pusat-pusat kesehatan dan pengobatan, dan 17 bangunan masjid rusak terkena serangan udara Saudi ke provinsi Sanaa,” lanjutnya.

Menurutnya, serangan ini juga menimbulkan kerusakan parah pada sektor pertanian karena ribuan lahan pertanian porak poranda.

Sejak 25 Maret 2015 sampai sekarang, Saudi dan sekutunya melancarkan serangan udara terhadap gerakan Ansarullah (Houthi) dengan tujuan memulihkan presiden pelarian Abd Rabuh Mansour Hadi yang bersekutu dengan Saudi.

Lembaga Pusat Hukum dan Pembangunan Yaman menyatakan serangan udara Saudi dan ke sekutunya ke Yaman yang baru memasuki tahun ketiga telah menyebabkan 12,000 terbunuh dan lebih dari 20,000 lainnya luka-luka. (mm/saba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL