deir-al-zorBeirut, LiputanIslam.com –  Sebanyak 23 warga sipil terbunuh, sembilan di antaranya anak kecil, terkena serangan udara di kota al-Mayadin yang dikuasai oleh kawanan teroris ISIS di provinsi Deir al-Zor di bagian timur Suriah, Kamis (15/9/2016).

“23 warga sipil, termasuk sembilan anak kecil, terbunuh dalam serangan udara yang dilancarkan jet-jet tempur yang tak diketahui apakah milik pasukan koalisi internasional atau milik Rusia di kota al-Mayadin, di provinsi Deir al-Zor timur,” ungkap Rami Abdulrahman, Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM, sebagaimana dilansir AFP dan dikutip Rai al-Youm.

Dia juga mengatakan bahwa serangan itu juga telah menyebabkan 30 warga lainnya luka-luka dengan kondisi sebagian di antaranya kritis, dan salah satu tempat yang menjadi target serangan adalah bangunan sekolah yang menjadi tempat perlindungan para pengungsi.

ISIS menguasai seluruh wilayah provinsi tersebut, kecuali bandara militer dan beberapa bagian ibu kotanya yang juga bernama Deir al-Zor.

Gencatan senjata yang disepakati Amerika Serikat dan Rusia dan diterapkan sejak Senin lalu tidak mencakup perang melawan kelompok teroris ISIS dan Jabhah al-Nusra (belakangan berganti nama menjadi Jabhah Fath al-Sham setelah memisahkan diri dari jaringan teroris al-Qaeda), sebagaimana kesepakatan serupa yang berjalan beberapa minggu pada Februari lalu.

Jika kesepakatan terbaru ini berhasil menghentikan perang selama satu minggu maka rencananya akan ada kerjasama militer untuk pertama kalinya antara Moskow dan Washington untuk memerangi ISIS dan al-Nusra. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL