Hasakah, LiputanIslam.com –  Jet tempur pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) kembali melancarkan serangan tragis yang menewaskan warga sipil di desa Khoweibireh di bagian selatan provinsi Hasakah, Suriah.

Kantor berita Suriah, SANA, Senin (11/6/2018), melaporkan bahwa beberapa jet tempur koalisi internasional telah menyerang sebuah sekolah di desa tersebut hingga menewaskan 18 pengungsi dari Irak yang sebagian besarnya adalah kaum perempuan dan anak kecil.

Pada Selasa pekan lalu sebanyak 10 warga sipil yang sebagian di antaranya perempuan dan anak kecil juga terbunuh dan banyak properti pribadi dan umum hancur terkena serangan udara pasukan koalisi internasional ke beberapa rumah warga di desa Jaza di selatan kota Shadadi.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa serangan itu dilakukan dengan sengaja oleh koalisi internasional dan menggunakan berbagai jenis senjata sebagai persiapan untuk pendudukan Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) dukungan AS atas desa tersebut.

Dalam beberapa hari terakhi ini koalisi internasional meningkatkan serangan terhadap perkumpulan-perkumpulan penduduk di kawasan tenggara Shadadi dengan sasaran rumah-rumah warga sipil, terutama di desa-desa yang penduduknya menentang SDF.

Koalisi internasional yang dibentuk pada tahun 2014 tanpa mandat Dewan Keamanan PBB dengan dalih memerangi kelompok teroris ISIS itu sudah puluhan kali melancarkan serangan secara membabi buta hingga menjatuhkan ratusan korban tewas dan luka warga sipil serta menghancurkan fasilitas infrastruktur semisal jembatan di provinsi Deir Ezzor dan Hasakah, dan menghancurkan kota Raqqah hingga ratusan ribu penduduknya mengungsi. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*