Beirut, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 18 warga sipil, tiga di antaranya anak kecil, tewas terkena serangan udara pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat terhadap sebuah desa di kawasan timur laut Suriah, Sabtu (19/8/2017).

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa serangan udara itu menerjang desa al-Jaza’ di bagian selatan provinsi Hasakah ketika pasukan koalisi bermaksud menggempur kawanan teroris ISIS yang menguasai sebuah area kecil di sana.

Lembaga yang bermakras di London ini menjelaskan bahwa belasan korban itu terbunuh “di area sebuah masjid dan rumah-rumah sekitarnya.”

Serangan ini juga menewaskan tiga kombatan ISIS.

Sementara itu, ISIS Minggu malam (20/8/2017), menyatakan serangan udara pasukan koalisi terhadap kawasan permukiman di distrik Harah al-Badu di kota Raqqa telah menewaskan sedikitnya 40 warga sipil, namun klaim ini belum mendapat konfirmasi dari media resmi Suriah maupun koalisi internasional.

Serangan pasukan koalisi pimpinan AS berulangkali merenggut nyawa banyak warga sipil di Raqqa. Jumat lalu serangan mereka juga menewaskan 20 warga sipil di kota ini.

Belum lama ini PBB juga menyatakan prihatin atas kondisi ini sehingga bahkan menyebutkan kondisi di Raqqa terburuk di Suriah dewasa ini.

Sebagian lembaga peduli HAM juga pernah melaporkan bahwa sejak 2014 sampai sekarang serangan udara pasukan koalisi internasional telah menewaskan 624 warga sipil di Raqqa.

Di kawasan lain, Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil mencetak kemajuan besar dalam operasi militer di kawasan Qalamoun barat setelah terlibat pertempuran sengit melawan kelompok teroris ISIS.

SAA yang merupakan pasukan pemerintah Suriah menguasai beberapa daerah di bagian selatan kawasan itu, termasuk lima desa, sedangkan di bagian timur menguasai empat daerah sehingga memungkinan mereka menggempur ISIS di pintu perbatasan Mira, dan di bagian utara mereka berhasil menguasai dua desa. (mm/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL