pasukan irak01Baghdad, LiputanIslam.com – Kordinator pasukan koalisi internasional anti organisasi teroris ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah), John Allen, mengabarkan bahwa dalam waktu akan ada serangan darat secara masif yang dibawah komando pasukan Irak.

Bersamaan dengan ini, angkatan udara Yordania mengaku telah melancarkan serangan udara terhadap ISIS sebanyak 56 kali selama tiga hari, sementara Uni Emirat Arab (UEA) akan mengirim skuadron tempur F-16 untuk berkonsentrasi di Yordania guna membantu serangan udara terhadap ISIS. Demikian dilaporkan situs berita al-Mayadeen, Senin (9/2/2015).

Jenderal Amerika Serikat (AS) John Allen mengatakan bahwa serangan darat anti ISIS akan dimulai dalam waktu dekat dengan dukungan dari negara-negara anggota koalisi.

Kepada kantor berita Yordania, Petra, Allen mengatakan bahwa pasukan koalisi telah menyiapkan senjata dan pelatihan 12 brigade Irak sebagai pendahuluan untuk melancarkan serangan darat.

Laporan lain dari lembaga pemberitaan al-Maalomah menyebutkan bahwa pasukan Irak sedang bersiap-siap melancarkan operasi pembebasan provinsi Salahuddin. Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Irak mengatakan bahwa operasi itu akan dimulai dari kawasan kilang minyak Baiji dan bergerak ke Samarra kemudian provinsi Anbar dan berlanjut menuju Mosul.

Dewasa ini pasukan Irak dalam jumlah besar sedang berkumpul di sebuah lokasi dekat kota Tikrit untuk pembebasan provinsi Salahuddin.
Dalam operasi itu pasukan darat Irak akan didukung pasukan udara, relawan dan pasukan kelompok-kelompok adat provinsi Salahuddin, dan untuk semuanya telah disiapkan misi masing-masing sesuai skenario serangan yang dicanangkan pihak militer.

Sementara itu, komandan angkatan udara Yordania Mayjen Mansour al-Jabour menyatakan bahwa beberapa jet tempur Yordania selama tiga hari telah melancarkan 56 kali serangan terhadap basis-basis utama dan gudang-gudang senjata ISIS.

Dia menegaskan bahwa serangan itu dilakukan dengan misi menghabisi gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, mencegah bisnis minyak ilegal mereka dan menghancurkan basis-basis militer ISIS.

Bersamaan dengan ini, sebuah sumber militer Yordania mengatakan bahwa UEA telah memastikan pengiriman skuadron tempur untuk berkonsentrasi di Yordania dalam rangka mengoptimalkan serangan udara terhadap ISIS sebagai balasan atas aksi pembakaran hidup-hidup pilot Yordania Moaz al-Kasasbeh oleh kelompok teroris tersebut beberapa waktu lalu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL