Kol. Suhail Al-Hasan, Komanan Brigade Al-Nimr

Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil meraih kemajuan, Sabtu (30/12/2017), dalam pertempuran melawan kelompok-kelompok teroris di provinsi Idlib di bagian barat laut negara ini setelah SAA menguasai sejumlah daerah di sana, demikian dilaporkan oleh lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR).

Pertempuran itu berkobar sejak Senin lalu di kawasan perbatasan antara provinsi Aleppo dan provinsi Hama, Suriah tengah. SAA memulai pertempuran dengan melancarkan serangan masif hingga berhasil bergerak maju ke wilayah administrasi provinsi Idlib yang dikuasai kawanan teroris.

“Pertempuran sengit berlangsung sejak Sabtu dini hari antara pasukan pemerintah di bawah komando Suhail Al-Hasan di satu pihak dan kelompok Hayat Tahrir Sham (Jabhat Al-Nusra) serta berbagai kelompok militan sekutunya di pihak lain di bagian tenggara provinsi Idlib,” ungkap Direktur Eksekutif SOHR, Rami Abdulrahman.

Suhail Al-Hasan adalah tentara Suriah berpangkat kolonel dan memimpin Brigade Al-Nimr (harimau) yang dikenal tangguh dalam pertempuran.

Dia menambahkan, “Pasukan pemerintah berhasil meraih kemajuan baru dan menguasai sejumlah distrik dan desa melalui serangan yang bertujuan menguasai bagian tenggara provinsi Idlib dan membuat jalur strategis (yang menghubungkan kota Aleppo dengan Damaskus).”

Kantor berita Suriah, SANA, mengutip keterangan sumber militer bahwa SAA bekerjasama dengan pasukan sekutunya terus melancarkan operasi militer terhadap Jabhat Al-Nusra dan kelompok-kelompok sekutunya kemudian berhasil menguasai lima distrik dan desa serta beberapa perbukitan di kawasan sekitar.

Pertempuran sengit yang sudah berlangsung satu minggu membuat warga sekitar terpaksa mengungsi.

Sementara itu, kantor gerakan Al-Nujabah menyatakan satu gembong Al-Nusra bernama Sufyan Al-Libi alias Al-Muhajir tewas di jalur Jabal Al-Tufahah, provinsi Latakia.  (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL