Washington, LiputanIslam.com –  Senator Republikan dari Negara Bagian Florida, Amerika Serikat (AS), Marco Rubio, mendesak negaranya agar menunjukkan reaksi keras jika jurnalis dan kritikus ternama Arab Saudi, Jamal Khashoggi, memang terbunuh.

“Saya berharap wartawan Saudi Jamal Khashoggi masih hidup. Tetapi jika berita yang mengganggu ini terkonfirmasi, Amerika Serikat (AS) dan dunia yang beradab harus mengambil reaksi keras, dan saya akan meninjau semua opsi di Senat,” tegasnya, Ahad (7/10/2018).

Kantor berita Bloomberg melaporkan bahwa Khashoggi hilang ketika Presiden AS Donald Trump menekan Arab Saudi agar berbuat lebih banyak untuk menurunkan harga minyak. Jika benar Khashoggi terbunuh oleh seperti yang diduga sebagian pejabat Turki maka ini menimbulkan ketegangan tambahan dengan Dewan Senat AS.

Seperti pernah diberitakan, dua sumber keamanan Turki menyatakan bahwa kepolisian Turki menduga jurnalis ternama Arab Saudi Jamal Khashoggi yang hilang sejak beberapa hari lalu setelah memasuki konsulat jenderal (konjen) negaranya di Istanbul, Turki, telah dibunuh dalam sebuah aksi terencana di dalam Konsulat Saudi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku memantau perkembangan penyelidikan atas kasus yang menggemparkan ini. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*