Ankara, LiputanIslam.com –   Senator Amerika Serikat (AS) Lindsey Graham menyatakan bahwa hubungan antara AS dan Arab Saudi tidak akan dapat bergerak maju sampai masalah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) diselesaikan, termasuk menyangkut kasus pembunuhan wartawan Saudi Kamal Khashoggi.

Sehari setelah pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara, Turki,  Graham, Sabtu (19/1/2019), mengatakan bahwa Kongres akan memperkenalkan kembali sanksi terhadap orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan jurnalis ternama Arab Saudi Jamal Khashoggi.

“Apa yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir telah mengerikan, untuk dikatakan sedikitnya,” kata Graham kepada wartawan.

Dia menyebutkan kesalahan-kesalahan fatal MBS yang dinilainya tidak seperti yang dia harapkan semula.

“Kepemimpinan yang datang dari MBS bukan seperti yang saya bayangkan. Memenjarakan Perdana Menteri Lebanon, mengambil semua kritik Anda dan melemparkan mereka ke penjara, pembunuhan brutal terhadap Khashoggi di Turki, melanggar setiap norma perilaku internasional,” kecamnya.

Dia melanjutkan,”Saya berkesimpulan bahwa hubungan antara Arab Saudi dan Amerika Serikat tidak dapat bergerak maju sampai MBS diselesaikan.”

Pada November 2018 dinas rahasia AS CIA mengungkapkan kesimpulannya bahwa MBS telah memerintahkan pembunuhan Khashoggi di Istanbul, sebuah temuan yang bertentangan dengan pernyataan pemerintah Saudi bahwa MBS tidak terlibat.

Khashoggi yang pernah menjadi orang dalam kerajaan Saudi dan kemudian berubah kritis terhadap MBS tewas di tangan sebuah tim pembunuh dari Saudi di Istanbul, Turki, pada Oktober 2018. Peristiwa ini lantas memicu protes global.

“Kami akan mulai memberikan sanksi kepada mereka yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi,” tegas Graham.

“Kami akan membuat pernyataan definitif bahwa MBS tahu tentang hal itu dan bertanggung jawab atas hal itu, dan mengajukan serangkaian sanksi untuk memberi tahu orang lain bahwa ini bukan yang Anda lakukan jika Anda sekutu AS.” (mm/aljazeera/nbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*