Mosul, LiputanIslam.com –  Untuk pertama kalinya selama menggelar operasi militer pembebasan Mosul barat, provinsi Nineveh, Irak utara, yang sudah  berjalan satu minggu, pasukan Irak berhasil membebaskan satu distrik di Mosul barat dari pendudukan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Pasukan kontra-terorisme Irak telah membebaskan distrik al-Maamoun, Mosul, dan mengibarkan bendera Irak di atas bangunan-bangunan di sana,’ ungkap komandan operasi pembebasan Mosul Letjen Abdul Amir Yarallah, sebagaimana ditayangkan TV Irak, Minggu (26/2/2017.

Dia menambahkan, “Ini merupakan distrik pertama di bagian barat kota ini yang sudah dikuasai penuh oleh pasukan Irak.”

Pasukan kontra-terorisme Irak menggempur ISIS di distrik yang terletak di barat daya Mosul pada jalur Mosul – Baghdad tersebut. Saat itu mereka sudah berhasil menguasai sebagian besar di antaranya.

Sementara itu, sumber keamanan Irak menyatakan pasukan negara ini juga berhasil membebaskan area pengeboran minyak al-Haraqiyyat di bagian barat Mosul yang selama ini menjadi sumber penyelundupan minyak terbesar oleh ISIS dari Mosul barat ke luar perbatasan Irak.

Sumber anonim itu menjelaskan bahwa pasukan Irak berhasil menguasai area itu melalui pertempuran sengit yang menewaskan 16 teroris ISIS.

Dilaporkan pula bahwa pasukan Irak telah menguasai Jembatan 4 Mosul yang menghubungkan antara bagian barat dan bagian timur kota ini, dan sekarang  pasukan Irak mengambil posisi di sekitar jembatan tersebut.

Operasi militer bersandi “Qadimun, ya Nainawa” (Kami Datang, Wahai Nineveh) babak kedua untuk pembebasan Mosul barat dimulai pada 19 Februari lalu, sedangkan pembebasan Mosul timur diumumkan secara resmi pada 24 Januari lalu.

Tanggal 19 Februari lalu pasukan juga mencetak kemenangan gemilang berupa pembebasan bandara Mosul dan pangkalan al-Ghazlani di selatan Mosul.

Bagian barat Mosul menempati 40 persen total luas wilayah kota Mosul, namun penduduknya lebih padat. PBB memperkirakan di sana terdapat sekitar 800,000 penduduk.  (mm/raialyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL