puing gazaGazaCity, LiputanIslam.com – Serangan udara Israel ke Jalur Gaza sepanjang Sabtu kemarin (23/8) menggugurkan sembilan lagi warga Palestina, lima di antaranya anggota satu keluarga, termasuk dua perempuan dan dua anak kecil.

Menurut laporan AFP, Departemen Kesehatan (Depkes) Palestina di Gaza semula menyatakan bahwa jumlah syuhada tiga orang dalam serangan di kawasan al-Zuwaidah di dekat kamp pengungsi Nusairat, sedangkan korban luka lima orang, namun belakangan diumumkan bahwa dua lagi warga Palestina gugur akibat luka parah yang dideritanya, dan semua korban ini berasal dari satu keluarga.

Para saksi mata dan sumber kesehatan Palestina menyebutkan bahwa dalam serangan udara Sabtu dini hari itu pasukan Israel menyasar sebuah rumah. Pihak Rumah Sakit al-Aqsha di Deir Balah menyebutkan bahwa kelima korban itu adalah pria usia beserta isteri dan dua anaknya yang masing-masing berusia 3 dan 4 tahun, serta bibinya.

Sedangkan serangan Israel pada Sabtu sore menggugurkan Hossein Ahmad, anak kecil Palestina berusia 8 tahun.

Pihak militer Israel mengaku telah melancarkan 20 kali serangan udara ke Jalur Gaza pada Sabtu kemarin.

Serangan Israel yang dimulai sejak enam pekan lalu dimulai lagi sejak Selasa (19/8) menyusul gagalnya perundingan gencatan senjata jangka panjang dengan mediasi Mesir. Depkes Palestina di Gaza menyatakan bahwa sejak dimulainya serangan baru itu Israel telah membunuh 81 warga Palestina di Jalur Gaza.

Data PBB mencatat sedikitnya 2,000 orang Palestina yang 70 persen di antaranya warga sipil gugur akibat serangan Israel yang dimulai sejak 8 Juli lalu.

Sementara itu, rezim Tel Aviv menyatakan militan Palestina telah menembakkan sebanyak lebih dari 520 roket dari Jalur Gaza ke wilayah Israel sejak gencatan senjata berakhir pada Selasa lalu. Otoritas Israel juga mencatat bahwa sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam, telah menembakkan lebih dari 40 roket ke wilayah Israel sejak Jumat tengah malam lalu.

Media Israel melaporkan bahwa roket-roket pejuang Palestina telah menyasar Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv Sabtu kemarin. Beberapa sumber Israel yang disebutkan namanya menyatakan roket-roket Palestina juga telah menyasar beberapa kota dan permukiman Israel, termasuk Sha’ar HaNegev dan Eshkol, menyebabkan kerusakan pada properti. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL