Riyadh, LiputanIslam.com –  Juru bicara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi Kol. Turki al-Maliki mengaku pihaknya telah berhasil mencegat rudal balistik yang diluncurkan oleh kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) ke wilayah Saudi pada Ahad malam (2/9/2018).

“Rudal itu mengarah ke kota Jizan… Pasukan pertahanan udara Kerajaan Saudi berhasil mencegat dan menghancurkan rudal itu, dan pencegatan rudal ini tidak menjatuhkan satupun korban, segala puji bagi Allah,” kata al-Maliki.

Dia mengklaim rudal itu ditujukan ke kota dan kawasan berpenduduk, dan menuding Iran dengan terus membantu Ansarullah.

“Serangan dari milisi teroris Houthi yang berafiliasi dengan Iran ini membuktikan berlanjutnya dukungan pemerintah Iran kepada milisi bersenjata Houthi pada level yang blak-blakan melawan resolusi PBB nomor 2216 dan 2231 dengan tujuan mengancam keamanan Kerajaan Arab Saudi dan keamanan regional dan internasional. Peluncuran rudal balistik ke arah kota dan desa berpenduduk tergolong perlawanan terhadap undang-undang internasional dan humaniter,” tudingnya.

Sebelumnya di hari yang sama Ansarullah mengumumkan pihaknya telah menyerang sasaran militer vital di bagian selatan Saudi.

Sejauh ini jumlah rudal balistik yang dilesatkan Ansarullah ke Arab Saudi mencapai 185 pucuk. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*