Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak menyerukan kepada kelompok teroris ISIS di Mosul agar menyerah bersamaan dengan serbuan pasukan Irak ke kota tua Mosul, tempat pertahanan terakhir ISIS di ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, ini.

Media War Cell (WMC) yang bernaung di bawah Kemhan Irak dalam keterangan persnya, Minggu (18/6/2017), menyatakan, “Datasemen Operasi Psikologis Lapangan sejak lima hari lalu, sebelum melancarkan serbuah ke Kota Tua, telah menyampaikan seruan melalui pengeras suara kepada ISIS agar menyerahkan diri kepada angkatan bersenjata Irak.”

WMC menambahkan bahwa sekelompok anggota ISIS telah menyerahkan diri kepada pasukan keamanan Irak.

“Tindakan ini bertujuan menyelamat warga warga dan memberi peluang kepada para anggota ISIS untuk meletakkan senjata dan menyerahkan diri,” imbuhnya.

Kota tua Mosul menjadi tantangan terbesar bagi pasukan Irak dalam operasi pembebasan Mosul karena merupakan daerah permukiman yang padat penduduk dengan lorong-lorongnya yang sempit sehingga kendaraan militer tak sanggup memasukinya.

Mosul merupakan kota kedua terbesar di Irak dari segi populasi. Kota yang terbelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian timur dan barat ini diduduki ISIS sejak musim panas 2014. Pada Oktober 2016 pasukan Irak berhasil membebaskan bagian timur kota. Sejak 19 Februari lalu sampai sekarang mereka melancarkan operasi pembebasan bagian barat, dan kini ISIS terkepung di bagian kecil Mosul barat. (mm/rayalyoum)  

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL