ban ki-moon pbbNewYork, LiputanIslam.com – Sekjen PBB Ban Ki-moon merilis statemen mengecam serangan udara pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi terhadap sebuah rumah sakit di kota Sa’dah, Yaman.

Dalam statetemen itu untuk pertama kalinya Ban menyebutkan nama Arab Saudi sebagai pemimpin koalisi pasukan yang menyerang Yaman.

“Sekjen PBB Ban Ki-moon hari ini mengecam serangan udara koalisi pimpinan Saudi yang menghantam Rumah Sakit Medis Hayadeen di provinsi Sa’dah, yang dikelola oleh Dokter Lintas Batas (Médecins Sans Frontières/MSF) dengan dukungan dari Dana Anak-Anak PBB, UNICEF, dan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO,” tulis laman milik PBB, un.org, Selasa (27/10) .

Laman ini juga melaporkan bahwa Ban dalam statemennya menyebut serangan itu telah melukai beberapa warga sipil dan menyebabkan kehancuran total pada bangunan dan fasilitas rumah sakit.

“Rumah sakit dan tenaga medis secara eksplisit dilindungi oleh hukum kemanusiaan internasional ,” ungkap Ban.

Dia mengingatkan semua pihak yang terlibat “supaya menghormati kewajiban mereka di bawah hukum HAM internasional dan hukum kemanusiaan internasional untuk mencegah serangan terhadap warga dan obyek sipil.”

Ban juga menyerukan “penyelidikan yang cepat, efektif dan tidak memihak dalam rangka memastikan pertanggungjawaban” dan mendesak semua pihak yang terlibat konflik Yaman agar segera menghentikan semua operasi, termasuk serangan udara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL