ban-ki-moonNew York, LiputanIslam.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menyatakan prihatin atas pengambil alihan kota Mosul oleh milisi Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL).

Keprihatinan itu dikemukakan Juru Bicara PBB Stephane Dujarric dalam statemennya yang dirilis Rabu (11/6/2014) setelah milisi ISIL menguasai sejumlah kawasan di bagian utara Irak.

Ban mengecam “serangan teroris di provinsi Anbar, Baghdad, Diyala, Ninawa, dan Salah al-Din yang telah membunuh dan melukai sejumlah warga sipil dalam beberapa hari lalu.”

Sekjen PBB menyerukan kepada seluruh pemimpin politik Irak supaya “memperlihatkan persatuan nasional melawan ancaman terjadap Irak, yang hanya dapat diatasi dengan landasan konstitusi dan dalam proses politik yang demokratis.”

Ban menegaskan PBB akan terus mendukung pemerintah dan rakyat Irak dalam upaya menggalang perdamaian, demokrasi dan kesejahteraan.
Seperti diketahui, ekstrimis bersenjata ISIL telah menyerbu dan menguasai sejumlah kawasan di Irak, termasuk Mosul, ibu kota provinsi Ninawa, serta beberapa kawasan provinsi Kirkuk, yang terletak di sebelah utara kota Baghdad.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan siaga maksimal serta meminta PBB, Uni Eropa, dan Liga Arab membantu Irak memerangi teroris. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL