sekjen-liga-arab-ahmed-aboul-gheitKairo, LiputanIslam.com –  Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menilai Bashar al-Assad masih bisa bertahan sebagai presiden Suriah. Dia mengatakan tak masalah al-Assad ikut lagi dalam pemilu presiden Suriah apabila rakyat sepakat untuk menyelenggarakan pemilu, gencatan senjata diberlakukan, dan kelompok-kelompok oposisi tidak keberatan.

“Tak masalah jika rakyat Suriah Bashar al-Assad memilih Bashar al-Assad dalam pemilu mendatang,” katanya dalam acara talk show bersama jurnalis Ahmad Mousa di channel TV satelit Sada al-Balad, Selasa (29/11/2016).

Dia menyebutkan beberapa hal lain, yaitu bahwa; salah satu syarat penyelesaian krisis Suriah ialah  adanya pemerintahan rekonsiliasi yang melibatkan pihak pemerintah dan oposisi untuk jangka waktu tertentu; persoalan akan tetap ada untuk sementara waktu; zona keamanan tak dapat diciptakan di Suriah; dan Rusia tidak menerima penerapan zona larangan terbang di Suriah.

Menurutnya, krisis Suriah maupun Libya tidak mungkin dapat diselesaikan dengan cara militer.

“Adalah ilusi belaka anggapan bahwa konflik di Suriah dan Libya dapat dituntaskan secara militer,” katanya.

Lebih lanjut Sekjen Liga Arab mengatakan bahwa belakangan ini memang terjadi ganjalan dalam hubungan antara Mesir yang mendukung tentara Suriah dan Arab Saudi yang mendukung pemberontak Suriah. (Baca: Heboh, Presiden Mesir Blak-Blakan Dukung Tentara Suriah ) Namun dia optimis masalah ini akan dapat diselesaikan, termasuk dengan mediasi sejumlah negara Arab Teluk Persia. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL