Beirut, LiputanIslam.com –  Militer Israel yang dinama Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sedemikian serius menyorot Hizbullah Lebanon sebagai musuh besarnya sehingga membuat lokasi-lokasi latihan perang di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan berupa duplikat desa-desa di Lebanon selatan.

lsrael Hayom (IH), koran Israel berbahasa Ibrani, Rabu lalu (23/8/2018), saat melaporkan hal itu menyebutkan bahwa desa-desa tiruan itu dibuat karena, menurut data-data yang dimiliki IDF, di desa-desa yang ditiru itu terdapat markas-markas pasukan Hizbullah.

IH menambahkan bahwa desa-desa yang ditiru itu terletak di wilayah perbatasan Lebanon-Israel, dan replikanya sudah selesai dibangun oleh IDF dengan bangunan-bangunan antara lain rumah-rumah tiga lantai serta beberapa pasar dan masjid. Selain itu dalam replika yang dinamai “Desa-Desa Hizbullah” itu juga terdapat terowongan-terowongan serta basis-basis penyerangan.

Menurut IH, dengan membangun replika itu IDF praktis akan dapat berlatih secara lebih spesifik dan matang dalam menghadapi perang melawan Hizbullah di masa mendatang.

Ben Paul, perwira Israel berpangkat kolonel, berkomentar, “Pelatihan di Desa-Desa Hizbullah akan membuat tentara dapat lebih mengenal medan pertempuran, karena sepenuhnya sesuai dengan apa yang akan mereka hadapi dalam perang melawan Hizbullah di masa mendatang.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*