Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang merupakan pasukan aliansi Arab-Kurdi yang didukung Amerika Serikat (AS) mengusai separuh Bendungan Furat (Eufrat) atau yang juga dikenal dengan nama Bendungan Tabqa di provinsi Raqqa, timur laut Suriah, Selasa (28/3/2017).

“Pasukan kami menguasai separuh  area Bendungan Furat yang panjangnya mencapai sekira 4 kilometer, dan bendungan ini mengalami kerusakan permukaan,” ungkap komandan SDF Rojda Felat dalam keterangan persnya.

Dia menambahkan, “Bendungan ini tergolong tempat yang sensitif sehingga pasukan ini sangat berhati-hati, tapi terus bergerak maju dan mencapai separuh jarak bendungan. Boleh dikata separuh bendungan telah dikuasai pasukan kami, tapi kami bergerak dengan penuh hati-hati demi menjaga keutuhan bendungan.”

Sementara itu, kepala pengoperasian Bendungan Furat, Ir. Ahmad al-Husain, dan wakilnya, Hasan al-Khalaf, tewas terkena serangan udara saat akan masuk ke lokasi bendungan untuk menjalankan tugas maintenance bersamaan dengan diumumkannya gencatan senjata oleh SDF.

Selasa kemarin pertempuran berkibar dekat kota Tabqa dan pangkalan udara militernya di bagian barat provinsi Raqqa menyusul terjadinya serangan balik ISIS ke lokasi-lokasi pergerakan maju SDF.

Kota Tabqa yang berada di sisi selatan Sungai Furat dan berjarak sekira 50 kilometer dari kota Raqqa merupakan salah satu sarang ISIS dan markas para komandan terkemukanya.

SDF berusaha mengusir ISIS dari Bendungan Furat yang merupakan waduk terbesar di Suriah.

Bendungan ini berhenti beroperasi sejak Minggu lalu menyusul  kerusakan yang terjadi pada bagian pusat kelistrikannya akibat pertempuran sehingga ketinggian air meningkat.  Kondisi ini dan pertempuran yang berkecamuk sempat dikabarkan dapat membuat bendungan jebol atau menimbulkan luapan yang bisa menimbulkan banjir di semua wilayah Raqqa hingga Deir al-Zor di bagian timur Suriah, namun belakangan ditegaskan bahwa bendungan ini tidak mengalami kerusakan serius. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL