Raqqa, LiputanIslam.com –   Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) mengumumkan pihaknya telah menguasai penuh kota Raqqa, Suriah utara, Selasa (17/10/2017), sementara Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil membebaskan secara total kawasan yang menghubungkan kota Mayadin dan kota Deir Ezzor di Suriah timur.

Aliansi milisi Kurdi-Arab Suriah ini menyatakan telah mengibarkan benderanya di dalam stadion Raqqa yang menjadi tempat pertahanan terakhir kelompok teroris ISIS di kota ini, dan utusan Khusus AS untuk pasukan koalisi internasional anti ISIS, Brett H. McGurk, kemudian berkunjung ke kota ini bersama Mendagri Arab Saudi Thamer al-Sabhan.

Sebelumnya, lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa Raqqa sudah bersih secara total dari kawanan teroris ISIS setelah SDF menguasai penuh stadion kota ini, dan tinggal menunggu pengumuman tentang ini dari pasukan koalisi internasional.

Menurut SOHR, SDF telah menyisir secara cermat stadion itu untuk memastikannya telah kosong sepenuhnya dari sisa-sisa petempur ISIS yang mungkin menolak menyerah.

McGurk dilaporkan telah tiba di distrik Ayn Issa di utara Raqqa. Dia datang untuk menghadiri konferensi pers yang akan digelar untuk mengumumkan keterbebasan Raqqa dari pendudukan ISIS. Dia ditemani oleh Mendagri Saudi Thamer al-Sabhan yang datang dengan tujuan “membahas upaya rehabilitasi” kota Raqqa.

Sementara itu, Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil membebaskan secara total kawasan yang menghubungan antara kota Mayadin dan kota Deir Ezzor serta terus memperluas kekuasaannya di kota Muhasan dan beberapa desa di bagian timur provinsi Deir Ezzor.

Selain itu, setelah menguasai kota Mayadin, SAA melancarkan operasi militer yang meluas dan cermat di beberapa daerah yang tersebar di antara Mayadin dan Mari’iyyah di sisi barat Sungai Furat hingga berhasl membebaskan beberapa desa.  (mm/mayadeen)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL