saudi mansour al-turkiRiyadh, LiputanIslam.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Arab Saudi menyatakan aparat keamanan negara ini berhasil mengungkap sebuah organisasi teroris terselubung dan mencokok 62 orang terduga teroris yang terhubung dengan cabang al-Qaeda di Suriah, Irak dan Yaman Selasa (4/5/2014).

Juru Bicara Kemdagri Saudi, Mayjen Mansour al-Turki, mengatakan kepada wartawan di Riyadh bahwa organisasi itu memiliki kontak langsung dengan organisasi Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) dan kelompok-kelompok militan lain yang bergerilya melawan pemerintah Suriah, baik yang terhubung dengan al-Qaeda maupun tidak.

Kelompok terselubung itu, ungkap al-Turki, sedang merencana “aksi pembunuhan skala besar”. Penangkapan berhasil dilakukan otoritas keamanan Saudi berkat pantauan intensif terhadap “aktivitas mencurigakan” di jaringan sosial.

Pantauan itu kemungkinan dilakukan oleh intelijen Saudi, dan dari pantauan itu aparat keamanan Saudi belum lama ini berhasil mencegah upaya pelarian dua perempuan dan sejumlah anak kecil.

“Elemen-elemen al-Qaida di Yaman telah berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka di Suriah mengenai kordinasi dengan sejumlah orang yang tersesat di berbagai provinsi Saudi,” ujar al-Turki.

Aparat keamanan Saudi juga mengungkap sebuah pabrik pembuatan bahan peledak dan perangkat detonator elektronik serta menyita dana sebesar 1 juta riyal Saudi.

Para terduga teroris itu juga terindikasi terlibat dalam upaya penyelundupan orang dan senjata melalui wilayah perbatasan selatan Saudi.

Beberapa channel televisi Saudi menyebutkan bahwa tiga dari puluhan orang yang tertangkap itu terdeteksi merencanakan serangan terhadap instansi-instansi pemerintah dan kepentingan asing.

Selain itu, 32 di antaranya adalah warga negara Saudi yang pernah dibebaskan dalam kasus gangguan keamanan dan terkait hubungan mereka dengan kelompok-kelompok ekstrim di Suriah dan Yaman.

Dilaporkan pula bahwa pemerintah Arab Saudi telah menyerahkan kepada Interpol data-data terkait 44 buronan otoritas keamanan Saudi. (mm/theguardian/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL