kubah besi israelRiyadh, LiputanIslam.com – Menyusul ketidak berdayaan Arab Saudi menghadapi serangan rudal pasukan Yaman, Israel menyatakan siap membantu Saudi membangun sistem penangkis rudal di wilayah perbatasan Saudi-Yaman, seperti sistem “Kubah Besi” yang dimiliki Israel.

Alwaie News melaporkan bahwa usulan Israel itu dinyatakan Israel sejak 4 Juni 2015 dalam pertemuan duta besar Israel untuk PBB dengan jenderal purnawirawan Saudi Anwar Majid Eshki yang saat itu menjabat sebagai penasehat kepala badan intelijen Saudi, Bandar bin Sultan.

Pada pertemuan itu selain menunjukkan rasa prihatin atas tidak adanya hasil signifikan dalam agresi Saudi ke Yaman, Israel juga menyatakan kesiapannya bekerjasama dan menyokong agresi Saudi ke Yaman.

Putera Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, yang juga menjabat menteri pertahanan Saudi menyambut baik usulan Israel tersebut serta menurunkan instruksi supaya usulan itu ditindak lanjuti.

Sementara itu, situs berita Yaman24 memberitakan bahwa gerakan Ansarullah Yaman kembali memulai perundingan dengan berbagai faksi politik untuk mendirikan pemerintahan nasional dalam beberapa hari mendatang.

Hal itu dinyatakan Ansarullah dalam jumpa pers bersama faksi-faksi politik lain di Sanaa, ibu kota Yaman, Selasa kemarin.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam jangka waktu 10 hari ke depan akan dibentuk pemerintahan nasional Yaman, menyusul kegagalan upaya utusan PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed, menyelesaikan krisis di negara ini.

Dewasa ini Ansarullah selaku penggerak revolusi Yaman berhadapan dengan dua lawan, yaitu kelompok teroris al-Qaeda dan Arab Saudi serta sekutunya yang mengagresi Yaman sejak Maret lalu dengan dalih memulihkan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 4,300 orang tewas akibat konflik di Yaman sejak Maret lalu, sedangkan sumber-sumber Yaman sendiri menyatakan jumlah korban yang sesungguhnya jauh lebih besar lagi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL