dokter lintas batas di yamanSanaa, LiputanIslam.com – Sedikitnya 25 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka akibat serangan udara Arab Saudi terhadap sebuah rumah sakit di kota Abs, provinsi Hajjah, Yaman, Senin (15/8/2016).

TV al-Masirah milik Ansarullah Yaman menyebutkan di antara puluhan korban itu terdapat para staf medis, termasuk beberapa dokter dan perawat, serta sejumlah anak kecil.

Menurut laporan AFP, satu di antara para korban tewas adalah anggota staf medis organisasi Dokter Lintas Batas.

Dalam statamennya via Twitter, organisasi ini menyebutkan bahwa serangan itu “menyebabkan sembilan orang tewas di tempat, termasuk satu anggota staf medis Dokter Lintas Batas, sementara dua korban lain meninggal dunia ketika dilarikan” ke rumah sakit lain. Lembaga ini juga menyebutkan bahwa rumah sakit diserang pada pukul 15.45 waktu setempat.

Penduduk setempat mengatakan bahwa serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap kota ini sudah berlangsung beberapa hari hingga kemudian menimpa rumah sakit.

Dua hari sebelumnya, sebagaimana dilaporkan Dokter Lintas Batas, serangan udara Saudi cs juga telah menerjang gedung sekolah di kawasan lain di bagian utara Yaman, mengakibatkan 10 anak kecil tewas.

Amerika Serikat (AS) turut mengecam serangan udara terhadap rumah sakit kota Abs. Naifnya, seperti dilansir laman Rai al-Youm, AS tidak menyebutkan secara langsung bahwa serangan itu dilakukan oleh pasukan koalisi yang didukung oleh AS sendiri itu, melainkan cukup dengan menyatakan prihatin atas adanya serangan terhadap rumah sakit.

“Kami tentu mengecam serangan itu…Kami sangat prihatin atas adanya informasi mengenai serangan terhadap sebuah rumah sakit di utara Yaman. Serangan terhadap fasilitas kemanusiaan, termasuk rumah sakit, menimbulkan keprihatinan tersendiri,” ungkap juru bicara resmi Deplu AS, Elizabeth Trudeau.

Saat ditanya wartawan mengenai tanggungjawab pasukan koalisi pimpinan Saudi, dia hanya menjawab, “Kami mengadakan kontak intensif dengan Saudi.”

Di pihak lain, sebagaimana dilansir IRNA, juru bicara Deplu Iran Bahram Qasemi mengecam serangan itu dengan menegaskan bahwa kebungkaman khalayak internasional telah membuat Saudi semakin keras kepala dalam menebar kejahatan di Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL