Mantan presiden Yaman Abd Rabuh Mansur Hadi berjabat tangan dengan delegasi GCC di Aden, Yaman bagian selatan, 25 Februari 2015.

Aden, LiputanIslam.com – Berbagai sumber di Sanaa, ibu kota Yaman, menyatakan bahwa Mohammed Saeed al-Jaber, Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Yaman, telah memindah tempat tugasnya dari Sanaa ke Aden di bagian selatan Yaman.

Situs berita online Yaman Aden al-Ghad menyebutkan bahwa al-Jaber yang sebelumnya telah meliburkan aktivitas Kedubesnya di Sanaa sekarang memulai lagi aktivitas tapi bukan lagi di Sanaa, melainkan di Aden.

Dengan demikian, Al-Jaber adalah dubes pertama di antara negara-negara Arab anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang melakukan aksi menyalahi konvensi diplomatik tersebut sebagai bentuk tekanan tambahan terhadap Ansarullah atau kelompok Syiah al-Houthi yang menguasai Sanaa.

Sebelumnya, Abd Rabuh Mansur Hadi yang sudah menyatakan mundur dari jabatan presiden Yaman berhasil kabur dari Sanaa ke Aden, dan setelah itu menyatakan mencabut pengunduran dirinya.

Situs berita Akhbar al-Saa’ah yang berbasis di Uni Emirat Arab Senin lalu (23/2/2015) mengungkapkan bahwa sebuah delegasi tingkat tinggi Saudi telah menemui Mansur Hadi di Aden dan menyerahkan dana dalam jumlah besar kepadanya.

Di pihak lain, juru bicara Ansarullah, Mohammad Abdelsalam, menyatakan bahwa Mansur Hadi menjalankan agenda-agenda asing untuk memecah belah Yaman di saat dialog untuk mengatasi krisis Yaman masih berlanjut.

Dalam perkembangan terbaru, pemimpin Ansarullah Abdul Malik al-Houthi Kamis (26/2/2015) menegaskan melalui siaran televisi bahwa Partai al-Islah (reformasi) telah menjalin kerjasama secara terbuka dengan para anggota jaringan teroris al-Qaedah untuk melawan revolusi rakyat.

“Gerakan al-Islah telah menempuh cara kotor untuk menciptakan sentimen kedaerahan dan kemazhaban di Ta’iz dan kawasan-kawasan lain,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa Mansur Hadi kabur dari Sanaa ke Aden adalah dalam rangka memperuncing konflik dan memperumit krisis. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL