tentara saudiSanaa, LiputanIslam.com – Arab Saudi dikabarkan akan mengerahkan peralatan dan kendaraan-kendaraan militer canggihnya bersama sejumlah besar teroris al-Qaeda dan milisi pro-presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi di pelabuhan al-Buraiqa, Aden, di selatan Yaman.

Sebagaimana diberitakan IRNA, petinggi militer Yaman Jenderal Yafi’i mengatakan, “Sesuai skenario serangan ke pangkalan militer al-Anad, para teroris al-Qaeda dan pasukan bayaran Arab Saudi sedang mempersiapkan penempatan perlengkapan militer yang meliputi kendaraan lapis baja, tank, peluncur roket dan pesawat terbang ke pangkapan-pangkalan udara dan darat.”

Dewasa ini sedang berlanjut pertempuran sengit al-Qaeda dan milisi pro-Saudi melawan milisi Ansarullah (Houthi) di sekitar pangkalan udara al-Anad. Meski juga mendapat serangan udara Saudi, sejauh ini milisi Ansarullah dapat menahan serangan dan gerak maju musuh-musuhnya di darat.

“Pertempuran sengit antara pasukan bayaran Saudi melawan pasukan perlawanan rakyat terus berlanjut di sekitar pangkalan militer al-Anad untuk merebut pangkalan ini dan segi tiga al-Anad serta kamp Labwazah,” ujar Yafi’i.

Seperti diketahui, Yaman sejak Maret lalu menjadi sasaran serangan udara Saudi dan sekutunya dengan dalih membela pemerintahan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat yang digerakkan oleh Ansarullah.

Gencatan senjata sudah beberapa kali diumumkan namun serangan udara tetap berjalan, termasuk di bulan suci Ramadhan lalu. Lebih dari 4000 orang terbunuh, ribuan lainnya luka-luka, dan ratusan ribu orang mengungsi akibat serangan ini. Selain itu, terjadi kehancuran banyak fasilitas infrastruktur di berbagai penjuru negara. Masjid-masjid, gedung-gedung sekolah dan situs-situs sejarah juga tak luput dari aksi penghancuran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL