militan yamanDubai, LiputanIslam.com – Pemerintah Arab Saudi telah membekali kelompok-kelompok adat penentang gerakan Ansarullah di provinsi Marib, Yaman, dengan berbagai jenis senjata mutakhir. Demikian dilaporkan situs berita Akhbar al-Sa’ah yang berbasis di Uni Emirat Arab, Minggu (8/2/2015).

“Pasukan perbatasan Arab Saudi bekerjasama dengan para komandan militer Yaman telah menyerahkan kepada kelompok-kelompok lawan Ansarullah lebih dari seratus pucuk senjata yang meliputi senapan Kalashnikov dan roket-roket pertahanan udara jenis Sam-7 berpeluncur panggul,” ungkap nasumber Kementerian Pertahanan Arab Saudi yang tak disebutkan namanya.

Bantuan senjata itu dilakukan pemerintah Riyadh untuk mencegah kekuasaan kelompok Syiah al-Houthi terhadap kota Marib yang tak jauh dari perbatasan antara Yaman dan Saud. Selama ini Riyadh sangat mencemaskan menguatnya kekuasaan al-Houthi di Sanaa, ibu kota Yaman, dan berbagai kawasan lain di negara ini.

Pada tahun 2009 tentara Saudi terlipat pertempuran sengit dengan milisi al-Houthi di provinsi Marib hingga menjatuhkan banyak korban dari kedua belah pihak. Provinsi ini dihuni oleh suku-suku Aidah, al-Jad’an, Bin Jabar, Murad, al-Aqil, Bani Hit dan al-Jouf. Mereka berada di bawah pengaruh Riyadh dan mendapat bantuan senjata mutakhir dari Saudi supaya berperang melawan kelompok al-Houthi.

Privinsi Marib yang kaya minyak juga menjadi basis kelompok-kelompok takfiri dukungan Arab Saudi dan jaringan teroris al-Qaeda. Karena bersebelahan dengan Sanaa, kacaunya keamanan di provinsi itu praktis berimbas pada situasi keamanan di Sanaa yang dikuasai oleh gerakan Ansarullah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL