Teheran, LiputanIslam.com –  Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran Ali Samkhani, Selasa (28/2/2017), membantah kabar bahwa dia telah mengadakan pertemuan dengan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam kunjungannya belum lama ini ke Baghdad, ibu kota Irak.

Menanggapi tudingan al-Jubeir bahwa Iran terindikasi mendukung terorisme karena negara Republik Islam ini tak pernah terkena serangan teror ISIS dan lain-lain, Samkhani mengatakan bahwa organisasi-organisasi teroris “tak dapat berbuat kecuali di negara-negara di mana mereka dipelihara dan dilatih. “

Dia menjelaskan bahwa di Iran tak ada tempat bagi pelatihan para teroris, dan di samping itu Iran juga memiliki “perangkat keamanan yang terjaga dan rakyat yang eksis di lapangan.”

Sementara itu, Wakil Pertama Presiden Iran Eshak Jahangiri di hari yang sama menyatakan Arab Saudi dan pihak-pihak lain di kawasan Teluk Persia tidak berada pada “level masuk dalam ketegangan dengan Iran.”

“Saudi dan pihak-pihak lain di kawasan ini tidak berada pada level masuk ke dalam ketegangan dengan Iran, sebagaimana Iran sendiri juga tidak menghendakinya, melainkan menginginkan perbaikan hubungannya dengan negara-negara regional yang notabene tahu persis bahwa Iran sama sekali tidak pernah mengagresi negara lain,” ujarnya dalam wawancara dengan televisi Iran.

Dia melanjutkan, “Sayangnya, ada para pemula yang mencapai kekuasan di sebagian negara, termasuk Saudi, yang tidak mengetahui level mereka, tidak mengenal sejarah dan geografi, dan melontarkan statemen-statemen yang tidak bermaslahat bagi mereka. Meski demikian, Iran mengabaikan mereka karena ketegangan tidaklah dikehendaki. Kami berharap mereka sadar dan mengesampingkan pola ini.”

Mengenai kunjungan Presiden Iran Hassan Rouhani ke Oman dan Kuwait dia mengatakan, “Pemerintah Iran menghendaki peningkatan hubungan kami pada taraf maksimal terutama dengan negara-negara jiran.” (mm/tasnim/mehrnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL