Teheran, LiputanIslam.com –  Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan via untuk diplomat dan staf Iran untuk masuk ke Saudi. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Iran, IRNA, Ahad (5/8/2018).

Perkembangan ini berpotensi menjadi langkah awal signifikan untuk perbaikan hubungan kedua negara yang oleh banyak pengamat dipandang terlibat persaingan pengaruh di Timteng.

Mengutip sumber diplomatik anonim IRNA melaporkan bahwa Mohammad Ali Bak yang kini menjabat sebagai kepala kantor Oman dan Yaman pada Kemlu Iran akan dipindah tugaskan ke Jeddah, Arab Saudi, sebagai kepala perwakilan kepentingan Iran.

Seperti diketahui, hubungan dua negara besar di Timteng ini memburuk setelah terjadi insiden serangan massa demonstran terhadap Kedubes Saudi untuk Iran di Teheran pada tahun 2016. Saat itu massa menggelar aksi protes terhadap penjatuhan hukuman mati pengadilan Saudi terhadap ulama Syiah Saudi Syeikh Nimr al-Nimr, dan sejak Saudi itu memutus hubungan diplomatiknya dengan Iran.  Kedua negara juga terlibat perang proksi di Suriah dan Yaman.

Menurut Jubir Kemlu Iran Bahram Qasemi, selama putus hubungan itu Kedubes Swiss untuk Saudi berperan sebagai penjaga kepentingan Iran di Saudi.

Perkembangan baru dalam hubungan Teheran-Riyadh sekarang terjadi bersamaan dengan momen menjelang musim haji sehingga menandai kesungguhan Iran untuk memuluskan kelangsungan ibadah haji jemaah Iran. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*