Sanaa, LiputanIslam.com –  Pemerintah Arab Saudi dikabarkan terlibat perundingan rahasia dengan musuh besarnya di Yaman, gerakan Ansarullah (Houthi).

Laman berita Yaman al-Mashhad al-Yemeni, Selasa (13/3/2018), mengutip keterangan sumber yang dekat dengan “para petinggi” kelompok Ansarullah bahwa jubir kelompok ini, Mohammad Abdulsalam, bahkan bertolak ke Riyadh, ibu kota Arab Saudi, dari tempat keberadaanya di Muscat, ibu kota Oman.

“Jubir Houthi bertolak ke Riyadh untuk berunding langsung dengan Saudi yang memimpin koalisi anti Houthi sejak tiga tahun silam,” ujar sumber itu.

Dia menambahkan bahwa dalam negosiasi itu Ansarullah akan memberikan beberapa konsesi kepada Saudi jika pasukan koalisi Arab bersedia menghentikan serangan udara ke Yaman.

Sehari sebelumnya, al-Mashhad al-Yemeni juga melansir pernyataan sumber khusus bahwa dewasa ini sedang terjadi perundingan rahasia pasukan koalisi Arab pimpinan Saudi dengan Ansarullah untuk mencapai kesepakatan penghentian perang Yaman yang sudah berlangsung tiga tahun dan, menurut laporan PBB, telah menyebabkan tragedi kemanusiaan terburuk di dunia.

Laman itu menyebutkan bahwa sumber itu berkomunikasi dengan kubu presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dan kubu Ansarullah serta pihak independen, dan menjelaskan bahwa inti perundingan ini ialah menyetujui partisipasi Ansarullah dalam pemerintahan dengan syarat kelompok ini menjauh dari Iran, tidak mendominasi pemerintahan, dan menyetujui pembentukan pemerintahan yang melibatkan semua kubu yang bertikai di Yaman. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*