tentara saudiKuwaitCity, LiputanIslam.com – Arab Saudi dikabarkan situs berita Kuwait, al-Shahed, sedang mempersiapkan operasi militer di Yaman dengan bantuan skuadron tempur Uni Emirat Arab (UAE) dan Kuwait.

Mengutip keterangan sumber-sumber diplomatik, al-Shahed Kamis (19/2/2015) melaporkan bahwa dewasa ini sedang terjadi pergerakan negara-negara Teluk Persia untuk “menyembuhkan krisis Yaman” dengan komando Arab Saudi.

Disebutkan bahwa angkatan laut dan udara Saudi sedang menyiapkan perlengkapan untuk melakukan serangan ke Yaman, sementara beberapa jet temput Kuwait dan UEA telah dipersiapkan untuk bergerak ke pangkalan-pangkalan militer di kawasan selatan dekat perbatasan Yaman.

Para diplomat itu menjelaskan bahwa negara-negara Arab Teluk Persia sedang menantikan keluarnya resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang memperkenankan intervensi militer sesuai Pasal 7 Piagam PBB.

Aliansi militer untuk menyerang gerakan Ansarullah atau milisi Syiah al-Houthi itu hanya melibatkan negara-negara Arab Teluk Persia dan berada di bawah komando Saudi.

Al-Shahed juga mengutip laporan Financial Times bahwa negara-negara Teluk berniat mengadakan pengkalan bersama untuk mengantisipasi ancaman ISIS di kawasan Arab, sekaligus untuk menghadapi perkembangan situasi keamanan di Yaman.

Dewan Kerjasa Teluk (GCC) pekan lalu menggelar sidang darurat untuk mendesak DK PBB supaya turun tangan di Yaman.

Negara-negara Arab Teluk Persia mengalami mimpi buruk sejak revolusi rakyat yang berlangsung di bawah komando gerakan Ansarullah mewarnai banyak kawasan di Yaman, termasuk ibu kota negara ini, Sanaa. Kegusaran mereka memuncak setelah sepak terjang Ansarullah membuat pemerintahan dan parlemen Yaman bubar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL