Washington, LiputanIslam.com –  Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) diduga akan segera menyerahkan daftar persyaratannya kepada Qatar untuk menyudahi isoloasi Saudi dan beberapa negara sekutunya terhadap Qatar.

Sumber pejabat mengatakan bahwa daftar itu akan siap dalam dua hari ke depan untuk meredakan keterangan yang terjadi antara Qatar dan negara-negara jirannya sesama Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

“Meskipun dewasa ini kedua pihak berjauhan satu sama lain, namun terdapat sinyalemen positif untuk memulihkan perdamaian, dan sebagaimana dikehendaki oleh kedua pihak, Kuwaitlah yang menjadi penengah,” ungkap sumber anonim itu sembari menyebutkan bahwa Turki akan ikut membantu proses itu.

Pemerintah Qatar sebelumnya menyatakan tidak adanya daftar tuntutan yang jelas dari Saudi telah membuat krisis Teluk terlihat rumit.

Seperti diketahui, Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir pada 5 Juni lalu telah memutuskan hubungannya dengan Qatar lalu memboikot negara  kecil namun kaya raya ini.

Beberapa negara menyerukan supaya krisis Teluk segera diatasi, termasuk Kuwait yang emirnya telah berkunjung ke Saudi, UEA, dan Qatar, serta mengadakan pertemuan dengan para pemimpin negara-negara jirannya itu dengan membawa misi “persaudaraan”.

Pemerintah Kuwait menyatakan bahwa kunjungan itu bertujuan meredakan krisis dalam bingkai “rumah Teluk yang satu.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL