Riyadh, LiputanIslam.com – Otoritas Arab Saudi mengumumkan akan membekukan rekening bank puluhan tokoh yang telah dipecat dan ditahan atas dugaan korupsi, termasuk miliarder Pangeran Walid bin Talal.

Kementerian Informasi Saudi melalui “Pusat Komunukasi Internasional” yang dilimpahi tugas berkomunikasi dengan media asing menyatakan bahwa dana yang terbukti terkait dengan tindak pidana korupsi akan dikembalikan kepada kas negara.

Otoritas Saudi juga memastikan bahwa dalam pengusutan kasus korupsi ini para tokoh itu tidak akan mendapat perlakuan istimewa karena kedudukan mereka.

Jaksa Agung Saudi Saud Bin Abdullah Al-Muajab, Minggu (5/11/2017), merilis statemen resmi pertama kalinya mengenai pemecatan dan penahanan para pangeran dan menteri tersebut.

“Para tersangka memiliki hak dan perlakuan yang sama sebagaimana warga negara Saudi lainnya. Kedudukan tersangka dan posisinya tidak akan berpengaruh pada penerapan keadilan,” bunyi statemen itu.

Dia menjelaskan bahwa Komisi Tinggi Pemberantasan Korupsi yang baru dibentuk berdasarkan instruksi Raja Salman bin Abdulaziz yang keluar Sabtu lalu dan dipimpin langsung oleh Putera Mahkota Mohammad bin Salman mulai bekerja “dengan sejumlah penyelidikan sebagai upaya sistem pengadilan untuk pemberantasan korupsi.”

Komisi ini Sabtu lalu menahan sedikitnya 11 pangeran, empat menteri, dan puluhan mantan menteri karena diduga terlibat praktik korupsi .

Sementara itu, aktivis termasyhur Saudi pengguna akun “@mujtahidd “ di Twitter menyatakan bahwa puluhan tokoh dan pengusaha itu ditahan karena Bin Salman ingin menguasai kekayaan mereka.

“Kampanye anti para emir, menteri, dan pengusaha itu terjadi karena Bin Salman ingin menguasai dana dan harta mereka serta mengalihkannya ke rekenink Bin Salman sendiri,” tulis aktivis yang diduga banyak orang sebagai salah satu emir Saudi tersebut.

Mujtahidd mengaku akan mempublikasi rincian tentang ini pada kesempatan selanjutnya. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL