Riyadh, LiputanIslam.com –  Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Turki di Ankara menepis laporan media Turki bahwa di wilayah Suriah terdapat tentara Saudi.

Dalam sebuah statemen yang dirilis melalui laman resminya, Senin (26/11/2018), kedutaan Saudi itu menyatakan, “Berbagai media dan laman elektronik menyiarkan kabar mengenai adanya pasukan militer Arab Saudi di bagian timur laut Suriah.”

Statemen ini menambahkan, “Kedutaan besar ini menegaskan bahwa kabar itu sama sekali tidak benar. Di Suriah sama sekali tidak ada tentara Saudi.”

Kedutaan Saudi kemudian mengimbau media agar “menyiarkan berita secara cermat dan jernih dari sumber-sumber terpercaya.”

Sebelumnya, beberapa media Turki melaporkan bahwa pasukan militer Arab Saudi dan Uni Emirat Arab terpantau bergerak di kawasan timur Sungai Furat dekat perbatasan Turki, manakala Turki mengancam akan melancarkan operasi militer terhadap milisi Kurdi Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Laporan-laporan itu menyebutkan bahwa data-data yang ada menunjukkan ketersebaran pasukan Saudi dan Emirat di sejumlah kawasan di timur Sungai Furat namun dengan kedok pasukan Amerika Serikat yang ada di sana dalam rangka operasi militer pasukan koalisi internasional. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*