Kairo, LiputanIslam.com –  Pakar strategi Arab Saudi Jenderal Purn. Anwar Eshki mengatakan Saudi bisa jadi akan menggunakan rudal jarak jauh buatan Cina  terhadap Iran jika Iran menyerang Saudi. Namun dia juga memastikan bahwa Saudi tidak menginginkan perang dengan Iran, dan apa yang dilakukan Sadi sekarang ialah menghadapi “orang-orang yang membantu Iran menjalankan rencana-rencananya.”

“Kerajaan (Saudi) memiliki rudal-rudal strategis Cina, bukan rudal penangkis, jenis  Sharq 2000. Jika Iran menyerang kawasan manapun di Saudi dan jatuh korban maka Saudi akan menghantam Teheran dan Sa’dah, sebab empat rudal saja dari jenis ini cukup untuk menghancurkan Teheran, sedangkan untuk Sa’dah satu rudal saja. Tapi Saudi tidak menghendaki skenario ini,” papar Eshki, seperti dilansir Ray al-Youm, Sabtu (31/3/2018).

Dia menambahkan, “Kerajaan (Saudi) mendesak masyarakat internasional (agar menekan Iran), karena gangguan terhadap Saudi akan berpengaruh pada perekonomian dunia, terutama industri perminyakan. Keamanan nasional Amerika dan Barat juga akan terkena dampaknya, dan Saudi dewasa ini menghadapi Iran dan orang-orang yang membantu menjalankan rencana-rencananya.”

Menurutnya, tekanan terhadap Iran sejauh ini masih belum cukup sehingga Iran masih “melakukan tindakan-tindakan yang tak dapat diterima oleh hukum internasional.”

“Iran melanggar kedaulatan berbagai negara, menggoyang keamanan dan stabilitas regional, serta mengembangkan dan mengirim rudal-rudal (kepada para sekutunya). Semua ini ditujukan untuk mengusik negara-negara lain, menciptakan kekacauan, dan anti perdamaian internasional,” tudingnya.

Dia juga mengklaim, “Iran memiliki ambisi politik, dan Saudi adalah negara yang paling diincar Iran melalui milisi Houthi (Ansarullah di Yaman) dan melalui sebagian anteknya di kawasan timur Saudi.”

Ray al-Youm menyebutkan bahwa berdasarkan data PBB, ribuan orang di Yaman yang sebagian besar adalah warga sipil terbunuh sejak  Saudi dan sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman. Selain itu, puluhan ribu orang mengungsi, berbagai prasarana hancur, kelaparan melanda, dan wabah penyakit tersebar luas.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*