tentara saudi di perbatasan yamanRiyadh, LiputanIslam.com – Militer Arab Saudi Kamis (14/1) mengumumkan satu perwira Angkatan Daratnya terbunuh di kawasan perbatasan negara ini dengan Yaman.

Militer Saudi dalam statamennya, sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm, menyatakan bahwa perwira yang bernama Sersan Jobran Hassan Meqlez Siram itu tewas pada Rabu malam lalu (13/1) di perbatasan negara ini dengan Yaman di kawasan Jizan, Saudi.
Militer Saudi tidak memberikan penjelasan lebih detail mengenai keterbunuhan anggotanya itu.

Di pihak lain, sebagaimana dilansir TV al-Masirah, Yaman, tentara dan komite rakyat negara ini menyatakan berhasil menghabisi lima tentara Saudi, satu di antaranya Sersan Siram, Rabu lalu.

Laporan lain dari al-Alam menyebutkan bahwa empat tentara Saudi lain juga tewas diterjang roket yang pasukan Yaman di kawasan Jizan.
Seperti diketahui, sejak 6 Maret 2015 Arab Saudi bersama beberapa sekutunya melancarkan perang total terhadap Yaman yang notabene negara Arab termiskin. Perang dikobarkan Saudi dengan tujuan mengembalikan buronan mantan presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi ke tampuk kekuasaan di Yaman.

Ribuan orang tewas dan luka dan puluhan ribu lainnya mengungsi akibat serangan pasukan koalisi pimpinan Saudi tersebut. Meski demikian, khalayak dan lembaga-lembaga internasional berpangku tangan dan hanya dapat mengecam serangan Saudi dan sekutunya terhadap lokasi-lokasi sipil, tanpa ada langkah-langkah nyata untuk mencegahnya.

Saudi bersumpah untuk menumpas musuh Mansour Hadi, yaitu milisi Ansarullah (Houthi) yang didukung tentara Yaman loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh. Meski demikian, sampai sekarang tidak ada pertanda apapun yang menunjukkan bahwa Saudi akan berhasil merealisasikan sumpahnya itu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL