Riyadh, LiputanIslam.com –   Arab Saudi, satu-satunya negara di dunia yang melarang kaum perempuan mengemudikan mobil, akhirnya mencabut larangan ini.  Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, Selasa (26/9/2017), mengeluarkan instruksi kerajaan yang membolehkan kaum perempuan mengemudikan mobil.

Kantor berita Saudi, SPA, melaporkan bahwa Raja Salman memerintahkan “penerapan hukum lalu lintas dan draf undang-undangnya, termasuk instruksi pembolehan pengemudian bagi pria maupun pria.”

Instruksi Raja Salman juga menyebutkan “hal-hal negatif pelarangan bagi perempuan mengemudikan kendaraan, dan hal-hal positif pembolehannya dengan pengindahan ketentuan syariat yang semestinya.”

Menurut instruksi ini, mayoritas  anggota Dewan Ulama Besar Saudi berpendapat bahwa hukum syariat pada prinsipnya memboleh kaum perempuan mengemudikan kendaraan.

Dewan Ulama Besar Saudi merupakan lembaga keagamaan yang didirikan pada tahun 1971 dan para anggotanya merupakan para pakar fikih dari berbagai aliran fikih. Dewan ini dipimpin oleh mufti besar Saudi yang dilimpahi kewenangan mengeluarkan fatwa dan pendapat mengenai berbagai hal. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL