serangan saudi ke yaman4Sanaa, LiputanIslam.com – Gencatan senjata yang sudah diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk perang Yaman tampak sia-sia. Sebagaimana dilaporkan kantor berita Yaman, Saba, jet-jet tempur Arab Saudi masih terus menebar bom di beberapa povinsi Yaman dan menyebabkan kematian beberapa warga sipil.

“Sembilan warga terbunuh dalam serangan jet tempur Saudi terhadap konvoi mobil yang mengangkut jenazah beberapa orang yang terbunuh menuju kota Baida,” ungkap sumber militer kepada Saba, Minggu (12/7).

Menurutnya, tujuh di antara para korban tewas itu adalah anggota satu keluarga.

Saudi juga membom sebuah rumah di kawasan Taiziyah di provinsi Taiz mengakibatkan dua anak kecil tewas dan enam warga lainnya luka-luka, dan sebuah kawasan di Maris, Provinsi Dali, mengakibatkan satu orang tewas dan dua lainya luka-luka.

Sebelumnya, pesawat tempur Saudi menyerang balai kesehatan militer di kawasan Saawan, Sanaa, dan satu truk yang mengangkut bahan makanan ketika sedang dalam perjalanan menuju kota Arish.

Kota Aden, provinsi Lahid, kawasan Harad dan Midi di provinsi Hajjah, dan beberapa kawasan lain di provinsi Shabwah dan provinsi Saadah juga tak luput dari serangan jet tempur Saudi.

Perjanjian gencatan senjata untuk jangka waktu lima hari sudah diumumkan berlaku sejak Jumat pertengahan malam lalu (10/7), namun sejauh ini Saudi telah beberapa kali melanggarnya.

Gencatan senjata itu sedianya ditujukan untuk menyalurkan bantuan kepada rakyat Yaman yang selain menjadi korban perang juga menjadi korban aksi blokade darat, laut dan udara yang diterapkan oleh Saudi dan negara-negara sekutunya.

Saudi dan sekutunya menebar maut di Yaman sejak 26 Maret dengan target memulihkan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansur Hadi yang tersingkir oleh revolusi rakyat yang digerakkan oleh milisi Ansarullah (Houthi). Meski serangan itu sudah memasuki bulan keempat namun sampai sekarang belum ada indikasi bahwa target itu akan terpenuhi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL