tentara UEA terbunuh di yamanDubai, LiputanIslam.com – Pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi mengumumkan satu pasukannya yang berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), Saif Yousuf Ahmad al-Falasi, terbunuh dalam operasi militer di Yaman. Demikian laporan Associated Press yang dikutip al-Youm7, Selasa (21/7).

Tidak keterangan mengenai tempat dan bagaimana al-Falasi terbunuh ketika menjalankan misi militernya di Yaman.

Sehari sebelumnya, kepala dewan politik faksi Ansarullah (Houthi), Shaleh al-Samad, menyatakan UEA mendukung kelompok-kelompok teroris di kota Aden, Yaman, atas dorongan Amerika Serikat.

“UEA bersama agresir Arab Saudi telah menjadikan Aden sebagai kantung pertempuran, dan ini terlihat dalam dukungan negara ini kepada kelompok teroris al-Qaeda dan ISIS untuk menguasai Aden,” katanya, sebagaimana dilansir Yaman al-An.

Dia menambahkan, “Stabilitas Aden sangat berpengaruh bagi UEA, dan negara kecil ini sejak beberapa dekade silam memang berusaha menghilangkan pengaruh pelabuhan Aden melalui kerjasamanya dengan orang-orang bayaran.”

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan al-Mayadeen, Kementerian Pertahanan Yaman, menyatakan bahwa tentara Yaman bersama pasukan komite rakyat yang terafiliasi dengan Ansarullah telah menguasai gerbang selatan dan barat kota Marib di timur laut Yaman.

Kantor berita resmi Yaman, Saba, juga melaporkan bahwa tentara dan pasukan rakyat itu terus bergerak maju sambil terus menggempur pasukan al-Qaeda dan milisi Partai al-Islah di berbagai kawasan provinsi Marib.

Seorang pejabat militer mengatakan bahwa mereka telah menguasai penuh kawasan Mifraq al-Dayiq dan mengendalikan jalur utara kawasan al-Makhdarah.

Dia juga mengatakan di sana banyak teroris yang terbunuh dan puluhan lainnya tertangkap, namun pertempuran sengit masih terus berlanjut.

Saudi dan negara-negara Arab sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman sejak 26 Maret lalu untuk membela pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansur Hadi dan menumpas milisi Ansarullah.

Komisi HAM PBB Selasa menyatakan bahwa serangan itu menewaskan sedikitnya 1,693 warga sipil dan melukai 3,829 warga sipil lainnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL