intifada palestinaAlkhalil, LiputanIslam.com – Sumber-sumber Palestina menyatakan satu lagi pemuda Palestina gugur syahid ditembak oleh pasukan Zionis Israel. Pemuda itu dinyatakan telah menyerang salah seorang tentara Israel dengan senjata tajam di al-Khalil, Tepi Barat, Jumat (16/10). Hal ini terjadi bersamaan dengan berlanjutnya bentrokan antara massa Palestina dan pasukan Israel di berbagai kawasan Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Kantor berita Palestina, Maan, menyebutkan bahwa pasukan Israel telah menembak seorang pemuda Palestina yang terkapar di atas tanah. Mereka menerapkan apa yang belakangan oleh pasukan Israel disebut “kepastian kematian” korban dengan dalih korban telah menikam dan melukai tentara Israel di gerbang utara kota al-Khalil.

Kamera TV yang berada di lokasi untuk meliput unjuk rasa massa Palestina menyorot tentara Israel yang sedang mengelilingi dan membiarkan pemuda Palestina yang terkapar itu tanpa menunjukkan upaya pertolongan.

Sumber-sumber setempat mengaku melihat ada ambulan tentara Israel yang datang ke lokasi, namun awak ambulan hanya memberikan pertolongan kepada tentara Israel yang terluka, sementara pemuda Palestina yang terkapar bersimbah darah dibiarkan.

Gerbang utara al-Khalil kemarin menjadi ajang bentrokan massa Palestina dengan pasukan Israel. Ratusan pemuda Palestina melempari pasukan Israel dengan batu di atas jembatan Halhul, sedangkan tentara Israel berusaha membubarkan massa dengan menembakkan peluru karet, gas air mata dan bom suara.

Bentrokan serupa juga terjadi di utara Beithlehem, Tepi Barat, dan di kawasan dinding pemisah Qalandia di utara Baitul Maqdis.
Sedangkan di Jalur Gaza, massa Palestina bergerak menuju dinding pembatas Erez di utara wilayah ini, dan sedikitnya empat orang Palestina terluka dalam bentrokan dengan pasukan Zionis di timur al-Barij, Jalur Gaza tengah.

Intifada atau kebangkitan Palestina melanda berbagai wilayah pendudukan Palestina sejak dua pekan lalu, menyusul gencarnya upaya kaum Zionis Israel untuk menguasai Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis (Yerussalem). Sedikitnya 35 warga Palestina dan tujuh orang Israel terbunuh akibat bentrokan dan kekerasan antara kedua belah pihak. Selain itu, lebih dari 1550 warga Palestina cidera, termasuk 200 anak kecil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL