serangan zionis di tepi baratRamallah, LiputanIslam.com – Satu lagi orang Palestina gugur syahid dan sekitar 40 lainnya luka-luka diserang oleh pasukan rezim ilegal penjajah Palestina, Israel, Jumat (1/7), setelah sebelumnya dilaporkan Israel juga telah membunuh seorang ibu hamil Palestina di tempat lain.

Palestinian Information Center melaporkan bahwa penembakan itu terjadi di kawasan pos pemeriksaan Qalandia yang memisahkan kota Ramallah dengan kota Baitul Maqdis (Yerussalem).

Departemen Kesehatan Palestina dalam pernyataan singkatnya menyatakan bahwa pria Palestina berusia 50-an tahun gugur setelah mengalami gangguan pernapasan akibat menghirup gas dari peluru-peluru yang ditembakkan oleh pasukan Zionis terhadap kerumunan orang Palestina.

Saat itu warga Palestina berdatangan ke pos Qalandia untuk masuk ke Baitul Maqdis guna mengikuti shalat Jumat pada minggu terakhir bulan suci Ramadhan di Masjid al-Aqsa. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit di Ramallah, tapi ternyata nyawanya tak terselamatkan.

Pada pengumuman selanjutnya dijelaskan bahwa korban diketahui bernama Taisir Mohammad Habash, 62 tahun, penduduk wilayah utara Nablus.

Dilaporkan bahwa sejak pagi telah terjadi bentrokan sengit di lokasi tersebut karena pasukan Zionis melarang warga Palestina di bawah usia 45 tahun masuk ke Baitul Maqdis. Larangan ini menyebabkan warga Palestina marah dan melancarkan aksi protes yang kemudian ditanggapi Israel dengan aksi kekerasan.

Pasukan Zionis melepaskan tembakan peluru, gas air mata, dan bom kejut untuk membubarkan ratusan massa Palestina yang berusaha melintasi dinding pemisah melalui pos pemeriksaan tersebut.

Lembaga Bulan Sabit Merah Palestina menyatakan para petugasnya telah menangani ratusan korban cidera, satu di antaranya pria lansia yang harus ditangani dengan menggunakan alat pemacu jantung.Sara-Ata-Tarayra-Jahjouh

Sebelumnya di hari yang sama, seperti dilansir Situs Watan, seorang ibu hamil Palestina, Sara Daoud Ata Tarayra, 27 tahun, dari distrik Bani Naim dekat al-Khalil (Hebron) juga gugur syahid ditembak dengan sadis oleh pasukan Zoinis di pintu masuk Masjid Ibrahmi.

Pasukan Israel mengatakan bahwa ibu itu berusaha menikam mereka, tapi para saksi mata menepis tudingan tersebut. Beberapa sumber mengatakan bahwa ibu hamil itu ditembak dengan darah dingin dan sadis.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL