Teheran, LiputanIslam.com –   Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Ahad (15/10/2017), menyatakan bahwa komandan batalyon “Fatehin”, Jenderal Abdollah Khosravi, terbunuh dalam pertempuran di Suriah pada Sabtu pekan lalu.

IRGC tidak menyebutkan di mana pertempuran itu terjadi dan melawan pihak mana, namun beberapa akun pendukung kelompok teroris ISIS di media sosial menyebutkan bahwa Khosravi terbunuh dalam pertempuran di bagian timur provinsi Homs, Suriah tengah.

Menurut FNA milik Iran, Abdollah berasal dari kota Arak di bagian tengah Iran dan bertugas sebagai komandan batalyon Fatehin untuk menjaga makam-makam suci di Suriah.

Sedangkan Tasnim yang juga milik Iran menyebutkan bahwa Kohravi pernah ikut serta dalam perang Iran-Irak selama delapan tahun, dan dia yang gugur dalam perang Suriah akan dimakamkan di kota asalnya tersebut.

Menurut data informal, jumlah tentara Iran yang terbunuh dalam perang Suriah sekira 2200 orang dan beberapa di antaranya perwira tinggi.

Sementara itu, jenderal Iran paling tersohor yang memimpin Pasukan Quds IRGC, Mayjen Qassem Soleimani, dilaporkan berada di wilayah Kurdistan Irak.

Sekjen Kementerian Peshmerga, Minggu (15/10/2017), Jibar Yavar, kepada Sputnik milik Rusia mengatakan bahwa tokoh yang disebut media barat “Jenderal Bayangan” itu datang ke Kurdistan Sabtu lalu. Di situ dia berziarah ke makam mendiang Presiden Irak Jalal Talabani, dan  hingga Minggu masih berada di Arbil.

Menurut Yavar, bisa jadi Soleimani telah mengadakan pertemuan dengan para petinggi politik dan militer Kurdi untuk menyampaikan pendapat Iran mengenai pemerintahan di Kurdistan.

Reuters mengutip keterangan pejabat Kurdi bahwa Soleimani di Kurdistan  memang mengadakan pembicaraan terkait dengan eskalasi krisis antara pemerintah otonomi Kurdistan dan pemerintah Baghdad menyusul penyelenggaraan referendum kemerdekaan Kurdistan.

Soleimani adalah jenderal IRGC yang namanya tersohor karena andil besar dalam berbagai operasi penumpasan ISIS di berbagai kota dan daerah di Irak dan Suriah. (mm/rt/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL