bayi aylan suriah

Foto bayi Kurdi Suriah, Aylan, yang menjadi simbol krisis imigran dan pengungsi Suriah.

Istanbul, LiputanIslam.com – Satu lagi bayi imigran Suriah ditemukan tewas dan mengambang di laut menyusul tenggelamnya perahu yang ditumpangi imigran untuk menyebrang ke Yunani. Dua minggu sebelumnya, satu bayi laki-laki Kurdi Suriah juga ditemukan tewas mengambang di laut dan menjadi berita yang menggemparkan sehingga bayi Kurdi Suriah bernama Aylan, 3 tahun, itu menjadi simbol krisis imigran atau pengsungsi.

Kantor berita Turki Anadolu/Anatolia Jumat kemarin (18/9) melaporkan bahwa bayi yang baru ditemukan berjenis kelamin perempuan dan belum diketahui identasnya.

Mayatnya ditemukan terapung di kawasan Tashisma di dekat pulau Kus milik Yunani.
Petugas pantai Turki berhasil menolong 14 pengungsi Suriah, 8 di antaranya anak kecil dari perahu yang tenggelam.

Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmuş menyatakan sebanyak 274 imigran tenggelam dan tewas sejak awal tahun ini di wilayah pantai Turki, sedangkan yang berhasil diselamatkan berjumlah lebih dari 53.200 orang.

Dia menambahkan bahwa negaranya sejauh ini telah menampung 2,2 juta pengungsi selama Suriah yang dilanda perang sejak tahun 2011, dan demi mereka Turki telah mengeluarkan dana sebesar 7,6 juta dolar Amerika Serikat.

Hingga Jumat kemarin masih ada ratusan imigran yang sebagian besar berasal dari Suriah berkumpul di sekitar kota Edirne, Turki, dengan harapan dapat masuk ke Yunani melalui darat. Otoritas Turki melarang mereka masuk ke kawasan perbatasan yang berjarak sekitar 10 km dari Edirne. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL