serangan rusia di suriah1Latakia, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia Rabu (16/12) menyatakan bahwa dalam 24 terakhir angkatan udara negara ini telah melancarkan 59 misi serangan terhadap 200-an target kelompok teroris ISIS di tujuh provinsi Suriah, mengakibatkan lebih dari 320 teroris tewas.

“Selama 24 jam yang lalu pesawat-pesawat tempur Rusia telah melakukan 59 serangan, menghantam 202 target ISIS di provinsi Aleppo, Idlib, Latakia, Hama, Homs, Hasakah dan Raqqa, Suriah,” ungkap juru bicara Kemhan Rusia Mayjen Igor Konashenkov kepada wartawan di Latakia.

Dia menambahkan bahwa pesawat tempur Pasukan Dirgantara Rusia juga telah menghabisi ratusan teroris dan menghancurkan sejumlah kendaraan lapis baja.

“Lebih dari 320 militan dan 34 kendaraan lapis baja milik teroris, termasuk dua tank, satu mobil tempur infantri, dan 15 jip yang dilengkapi senjata kaliber besar, telah dihancurkan,”  tuturnya.

Konashenkov  menyebutkan beberapa jet tempur Rusia juga telah menghancurkan 15 truk tanker dan lebih dari 100 stasiun pengirim bahan bakar yang digunakan oleh kawanan teroris.

Sudah lebih dari 70 hari Rusia menggelar operasi serangan udara dan rudal di Suriah dengan mengerahkan 60 jet tempur dan sejumlah kapal perang dan kapal selam. Selama itu, menurut keterangan  Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, lebih dari 8000 titik keberadaan kawanan teroris, terutama anggota ISIS, menjadi target serangan.

Menyusul ketegangan negaranya dengan Turki akibat penembakan jatuhan pesawat pembom Rusia oleh pesawat tempur Turki , Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu menginstruksikan supaya serangan ke markas-markas teroris di Suriah ditingkatkan. (mm/sputnik/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL