TelAviv, LiputanIslam.com –  ImageSat yang mengoperasikan satelit EROS-B milik Israel merilis foto-foto hasil pencitraan satelit yang menunjukkan adanya pabrik rudal Scud yang dibangun pertama kali di wilayah Suriah.

Media Israel Selasa lalu (15/8/2017) melaporkan bahwa beberapa foto telah diambil dari sebuah situs dekat Latakia di garis pantai yang dikendalikan pemerintah Suriah dan menyerupai pabrik rudal di Teheran, ibu kota Iran.

Para ahli mengatakan kepada Channel 2 milik Israel bahwa konstruksi yang canggih tidak mungkin dilakukan tanpa para ahli Iran yang beroperasi di Suriah.

Mereka percaya bahwa fasilitas itu mulai dikerjakan di beberapa titik pada tahun lalu dan akan selesai pada akhir tahun ini. Menurut mereka, fasilitas ini berkemampuan produksi dan penyimpanan bawah tanah rudal jarak jauh yang dapat menerjang Israel.

Channel 2 Israel menyebutkan bahwa foto-foto itu diambil pada beberapa hari terakhir di sebuah lokasi dekat kota Baniyas di kawasan pesisir Laut Tengah, dan dalam foto-foto itu terlihat beberapa fasilitas yang mengandung bahan-bahan peledak di situs itu.

“Iran berada di balik fasilitas ini, dan kemungkinan besar proyek pembangunan pabrik ini akan rampung selama kurang dari satu tahun,” ungkap TV Israel tersebut.

Israel memiliki beberapa satelit pemantau dan mata-mata, dan berulangkali menegaskan penentangannya terhadap keterlibatan Iran dalam krisis Suriah. Para petinggi Tel Aviv mengingatkan apa yang mereka sebut “berubahnya Suriah menjadi pangkalan Iran.” (mm/independent/rayaluoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL