Sanaa, LiputanIslam.com –  Untuk pertama kalinya pemerintah Yaman aliansi Ansarullah-Houthi yang berkuasa di Sanaa, ibu kota Yaman, menuding Arab Saudi secara langsung sebagai pihak yang telah menebar wabah penyakit kolera di Yaman.

Tuduhan ini dikemukakan oleh Menteri Luar Negeri Yaman kubu Sana, Hisham Sharaf, dalam pertemuan resmi di kantor kementerian ini dengan puluhan lembaga yang bernaung di bawah PBB termasuk Koordinator Penduduk PBB (UNRCO),  Program Pangan Dunia (FAO), Kantor Urusan Kordinasi Kemanusiaan PBB (OCHA), dan berbagai organisasi internasional lain yang beraktivitas di Yaman.

Seperti dilansir Ray al-Youm, Senin (17/7/2017), dalam teks pernyataan yang ditujukan kepada Arab Saudi, Sharaf menegaskan, “Kalian telah sengaja menyebar wabah kolera. Setelah gagal mewujudkan tujuan militer di lapangan kalian lantas mencoba senjata lain, yaitu memblokade jalur-jalur darat, laut, dan udara. Setelah itu kalian memutus gaji para pegawai hingga kemudian menyebar penyakit dan wabah, termasuk kolera sebelum kemudian meningitis.”

Dia melanjutkan, “Berhentilah kalian menggunakan kolera, bertindaklah sesuai etika perang, dan ketahuilah bahwa orang-orang Yaman tidak akan pernah melupakan tindakan kalian terhadap hak mereka dan bagaimana kalian sengaja menebar wabah kolera.”

Dalam pertemuan itu telah didiskusikan berbagai persoalan penanggulangan wabah yang melanda 22 provinsi Yaman ini. Data yang mengemuka dalam pertemuan itu mencatat bahwa sejak wabah ini melanda pada 27 April sampai dengan  16 Juli 2017 terdapat 332.658 kasus, sedangkan warga yang meninggal akibat penyakit ini mencapai 1.759 orang.

Pejebat Yaman itu juga menepis adanya peran positif  Pusat Raja Salman untuk Bantuan Dan Kemanusiaan (King Salman Center for Relief and Humanitarian Aid /KSCRHA) dalam upaya penanggulan wabah ini.

“Pusat ini tidak berbuat  apapun. Kalau mereka memang ingin memberikan bantuan kepada korban maka mereka harus memberikannya melalui PBB dan lembaga-lembaga lain,” kecamnya. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL