mobil isis hancur di irakBaghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak berhasil menghabisi seorang pria berjulukan Abu Moammad al-Misri yang merupakan salah satu wakil Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Bersamaan dengan ini belasan jemaah shalat gugur terkena serangan udara Amerika Serikat (AS) di Irak.

“Pasukan militer pada jam-jam terakhir malam lalu terlibat kontak senjata dengan kelompok bersenjata yang terafiliasi dengan ISIS yang bersembunyi di kawasan Wadi Dhayyiq di utara Baquba, mengakibatkan Abu Moammar al-Misri dan satu pendampingnya tewas,” ungkap seorang pejabat keamanan Irak di provinsi Diyala yang meminta tidak disebutkan namanya itu, Rabu (18/2/2015), sebagai dilaporkan situs berita al-Youm al-Thamin.

Dia menambahkan, “Al-Misri adalah salah satu wakil terpenting al-Baghdadi di provinsi Salahuddin. Dia tinggal di Irak sejak lebih dari 20 tahun silam, dan pernah berada di Suriah beberapa lama.”

Menurutnya, keterbunuhan al-Misri merupakan pukulan telak bagi ISIS dan menambah jumlah petinggi ISIS yang tewas dalam pertempuran dengan tentara dan relawan Irak selama beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, 15 orang Irak gugur akibat serangan udara Amerika Serikat (AS) terhadap sebuah masjid di provinsi Anbar, Irak. Rabu (18/2/2015).

Menurut laporan al-Mayadeen, serangan itu terjadi di distrik Haditha yang terletak di bagian barat privinsi Anbar.
Berbagai sumber menyebutkan bahwa serangan terhadap masjid itu terjadi karena kesalahan.

Laporan lain menyebutkan bahwa sebanyak 1,400 personil militer AS telah memasuki pangkan militer Ain al-Asad di provinsi yang sama.
Kedatangan tentara AS itu mengejutkan, sebab pemerintah Baghdad sebelumnya menyatakan menolak intervensi darat negara-negara Barat di Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL