alqaeda yamanSanaa, LiputanIslam.com – Salah satu gembong jaringan teroris al-Qaeda di Yaman, Aiman Qaratis, dinyatakan tewas di tangan pasukan Yaman yang terdiri atas tentara dan pasukan rakyat. Demikian dilaporkan kantor berita Yaman, Saba, berdasarkan keterangan sumber militer negara ini.

“Pasukan perlawanan rakyat yang terdiri atas tentara dan komite-komite rakyat hari ini berhasil membunuh Qaratis dan beberapa teroris al-Qaeda lain di kawasan Basatin, provinsi Aden,” kata sumber itu, Minggu (28/6).

Menurutnya, Qaratis bertanggungjawab menangani pembelian, penyimpanan dan distribusi senjata berat dan tank untuk para teroris al-Qaeda di Yaman.

Dinyatakan pula bahwa sejak Arab Saudi melancarkan serangan udara ke Yaman yang sudah berjalan tiga bulan al-Qaeda telah diperkuat dengan bantuan dana dan senjata langsung dari Arab Saudi. Menguatnya jaringan teroris ini membuat mereka berhasil menguasai beberapa kawasan, termasuk kota al-Mukalla di provinsi Hadhramaut.

Seperti diketahui, Saudi dan sekutunya menggempur Yaman sejak 26 Maret lalu setelah presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi yang bersekutu dengan Saudi kabur ke Riyadh menyusul revolusi yang digerakkan Ansarullah. Serangan Saudi dan sekutunya dilancarkan dengan tujuan memulihkan “pemerintahan yang sah” dan menghancurkan kekuasan milisi Ansarullah, namun hingga kini tak ada tanda-tanda tujuan rezim Riyadh itu akan tercapai. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL