saudi-bombed-yemen-refugee-camp-2Sanaa, LiputanIslam.com – Para petinggi militer Yaman menyatakan jet-jet tempur pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi Senin kemarin (27/7), yakni di hari pertama gencatan senjata kemanusiaan, telah melakukan salah serangan di Yaman dengan membombardir posisi-posisi milisi pendukung pemerintahan presiden pelarian Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi, yang bersekutu dengan Saudi sendiri, hingga menjatuhkan 12 korban tewas dan 30 korban luka dari pihak mereka.

Sebagaimana dilansir AFP, para petinggi militer Yaman mengatakan bahwa peristiwa salah serangan itu terjadi provinsi Lahij di kawasan perbukitan yang menghadap ke pangkalan udara al-Anad yang dikuasai oleh milisi Ansarullah (Houthi) dan sebuah lokasi dekat kawasan Radfan.

Jet-jet tempur itu kembali menebar maut hanya selang beberapa jam setelah diumumkannya gencatan senjata untuk jangka waktu lima hari demi penyaluran bantuan kemanusiaan kepada para korban perang.

Di pihak lain, milisi Ansarullah telah menggempur posisi-posisi kelompok teroris al-Qaeda di kota Aden, bagian selatan Yaman, serta menawan beberapa anggota al-Qaeda dan milisi pendukung Mansur Hadi. Ansarullah menghancurkan sebuah pangkalan militer milisi pendukung Mansur Hadi serta melumpuhkan empat tentara Saudi yang melatih para teroris Yaman di selatan Aden.

“Selain melumpuhkan empat tentara Saudi, para pejuang Ansarullah juga menawan beberapa teroris yang terhubung dengan al-Qaeda,” ungkap Hadi al-Shari, salah seorang petinggi Ansarullah, sebagaimana dikutip Fars News.

Menurutnya, Ansarullah yang bekerjasama dengan tentara Yaman masih menguasai bandara Aden, sementara kelompok-kelompok teroris masih menyerang rumah-rumah penduduk.

Dia menambahkan bahwa para pejuang Ansarullah dan komite-komite rakyat Yaman kemarin terlibat kontak senjata dengan kawanan teroris yang berusaha kabur dari beberapa lokasi permukiman di Aden. Ansarullah menawan lima anggota milisi pro Mansur Hadi dan merampas dua unit tank milik milisi ini.

Pembantaian di Kota Mokha

Sumber-sumber Yaman menyatakan lalu jet-jet tempur Saudi melancarkan serangan hebat di kota Mokha, provinsi Taiz, sejak pukul 22.00 waktu setempat pada Jumat malam lalu sampai Sabtu dini hari (24-25/7) hingga jatuh korban tewas warga sipil dalam jumlah besar.

“Akibat serangan ini sebanyak lebih dari 100 orang terbunuh, yang sebagian besar adalah warga Yaman selatan dan bermazhab Sunni,” ungkap seorang narasumber.

Al-Quds al-Arabi mengutip keterangan sumber lokal di pelabuhan Mokha bahwa beberapa jet tempur koalisi Arab telah membombardir komplek apartemen yang dihuni oleh para teknisi dan pegawai stasiun pembangkit listrik.

“Usai serangan ini, sebanyak 95 korban berhasil dikeluarkan dari puing-puing bangunan kemudian dilarikan ke rumah sakit di al-Hadidah dan Taiz, namun sebagian besar mereka meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit,” ungkap seorang narasumber.

Dia menambahkan bahwa di komplek itu terdapat 120 unit rumah dan telah digempur sedikitnya empat kali.

Berita yang sama juga dilaporkan oleh kantor berita resmi Yaman, Saba. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL