saeb erekat palestinaRamallah, LiputanIslam.com – Anggota Dewan Ekskutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat menolak keputusan pengadilan Mesir mencantumkan nama Hamas dalam daftar organisasi teroris. Meskipun PLO merupakan lawan politik Hamas, namun Erekat menegaskan bahwa alih-alih kelompok teroris, Hamas merupakan bagian tak terpisahkan dalam konstalasi politik Palestina.

“Kelompok-kelompok Palestina, tak terkecuali Hamas, bukanlah kelompok teroris. Mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu mendirikan negara Palestina dengan Baitul Maqdis sebagai ibu kotanya,” tegasnya, sebagaimana dilansir al-Sharq, Selasa (10/3/2015).

Dia juga mengatakan bahwa meskipun dalam posisi diduduki oleh rezim Zionis Israel, Palestina berhasil mendapatkan tempat di tengah pergaulan internasional. Karena itu, lanjutnya, jangan sampai agenda-agenda anti Palestina yang dijalankan Tel Aviv dituruti.

Erekat mengingatkan bahwa pada Desember tahun lalu, ketua otoritas Palestina Mahmoud Abbas alias Abu Mazen telah menandatangani kebergabungan Palestina dengan 18 organisasi internasional, dan pada April tahun lalu pula dia juga meneken dokumen keanggotaan Palestina di 20 organisasi dunia lainnya.

Pengadilan urusan darurat Kairo, Mesir, pada tanggal 28 Februari lalu telah membuat keputusan yang mencantumkan nama Hamas dalam daftar organisasi teroris. Keputusan ini tak pelak mengundang reaksi kecaman dari berbagai kalangan di Palestina. Mereka menyebutnya sebagai tindakan menuruti agenda Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*