Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris ISIS akhirnya terkepung total di kota al-Bab setelah Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju ke arah kota yang menjadi basis terbesar dan terakhir ISIS di provinsi Aleppo, Suriah, ini.

SAA telah berhasil memutus rute suplai terakhir ISIS di al-Bab yang terhubung ke basis-basis lain kelompok teroris ini di bagian timur Suriah, dan praktis sekarang ISIS dari arah selatan terkepung oleh SAA, sedangkan di utara oleh milisi pemberontak Suriah yang didukung oleh Turki, manakala Damaskus dan Ankara bersaing untuk merebut al-Bab.

Observatorium Suriah untuk HAM menjelaskan bahwa pada Minggu malam SAA dan kelompok-kelompok bersenjata sekutunya telah meraih beberapa keberhasilan di tenggara al-Bab, dan Senin harinya mereka menggempur ISIS di sana.

Lembaga yang bermarkas di Inggris ini menambahkan bahwa didukung serangan udara, SAA dan sekutunya dapat memutus jalur yang menghubungkan al-Bab dengan wilayah-wilayah lain yang diduduki ISIS di provinsi Raqqa dan Deir al-Zor.

Seorang komandan pasukan pendukung pemerintah Suriah memastikan ISIS sudah terkepung total.  Dia menerangkan “ada satu lorong sempit tersisa di al-Bab”, dan pasukan pemerintah sekarang menguasai sebagian besarnya “pada jangkauan tembak yang dekat”.

Kubu Turki berusaha menguasai al-Bab sejak dua bulan lalu, dan belakangan ini kubu Suriah ikut bergerak ke sana dan dalam waktu relatif singkat berhasil menguasai lebih dari 30 distrik dan desa dalam perjalanannya menuju al-Bab.

Gerak maju SAA ke al-Bab meningkatkan resiko terjadi nyakonfrontasi mereka dengan tentara Turki dan kelompok-kelompok pemberontah Suriah dukungan Turki yang tergabung dalam Pasukan Kebebasan Suriah (FSA).

Tak jelas apakah kedua kubu ini sudah menjalin kesepakatan diam-diam terkait serangan ke al-Bab, terutama karena Rusia yang mendukung serangan SAA pernah beberapa kali ikut serta dalam serangan udara Turki terhadap ISIS di al-Bab. (mm/reuters/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL