Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut kembali semua titik wilayah yang dikuasai oleh kawanan teroris di kawasan antara distrik Jobar dan Qabun di timur Damaskus, ibu kota Suriah, Jumat (24/3/2017).

“Tentara telah merebut kembali semua titik area dan blok bangunan yang disusupi para teroris Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok lain yang berafiliasi dengannya di kawasan pabrik di utara Jobar,” bunyi statemen pasukan pemerintah Suriah, seperti dilansir SANA.

Statemen ini menambahkan, “Tentara terus melanjutkan operasi militernya dengan sukses di lebih dari satu poros di Jobar, menjatuhkan ratusan korban tewas dan luka di pihak teroris Jabhat al-Nusra… dan memperkuat garis pembendung kelompok-kelompok teroris di bagian utara provinsi Hama.”

Menurut statemen ini, Jabhat al-Nusra dan sekutunya juga menderita banyak kerugian materi peralatan tempur, sementara satuan-satuan insinyur perang Suriah sedang melakukan pembersihan pabrik tenun dan kawasan sekitar dari ranjau dan bom yang ditebar oleh teroris.

“Kawasan pabrik di utara distrki Jobar selama 48 jam lalu telah menjadi kuburan bagi gelombang-gelombang teroris yang berdatangan di mana ratusan di antara mereka tewas,” lanjut statemen ini.

TV pemerintah Suriah menayangkan rekaman video mobil-mobil yang terbakar dan bangunan-bangunan yang rusak.

Beberapa waktu lalu kawanan teroris melancarkan serangan mendadak dari distrik Jobar yang terbagi menjadi dua bagian, satu dikuasai oleh pasukan Suriah dan yang lain dikuasai oleh teroris.

Observatorium Suriah untuk HAM melaporkan bahwa pertempuran antara keduanya dimulai pada Minggu pagi (19/3/2017). Teroris semula berhasil menguasai sedikitnya tujuh titik area dan dari sana mereka bergerak ke kawasan Abasiyin.

Pertempuran di Jobar dan sekitar Abasiyin terjadi bersamaan dengan pertempuran beberapa kelompok teroris lain, terutama gerakan Ahrar Sham dan Jaish al-Islam, dengan pasukan Suriah di distrik Barzah, Tisyrin dan Qabun di timur Damaskus. (mm/raialyoum/almasdarnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL